Kamis, 10 Januari 2008

TIPS & TRIK CELL_COMP


TIPS & TRIK

CARA MENGUPGRADE


5.1 BONGKAR PASANG CPU

5.1.1 Persiapan Peralatan
Persiapan peralatan yang dilakukan untuk membongkar pasang CPU hampir sama dengan persiapan yang dilakukan saat perakitan. Peralatan yang di butuhkan misalnya obeng kembang serta obeng minus, tang kecil, dan bahkan peralatan seperti atau multi meter, solder bila perlu.

5.1.2 Langkah-langkah membedah PC
Pastikan PC kita dalam keadaan mati serta matian sumber tegangan computer kita, lepaskan semua kabel yang menghubungkan casing dengan komponen luar seperti monitor, speaker, printer, scanner (jika ada), mouse, keyboard, joystick. Buka casing serta rebahkan diatas permukaan datar. Lepaskan semua kabel power dan kabel data dari drive (FDD, HD, CD ROM DRIVE) dan motherboard kemudian lepaskan semua drive (FDD, HD, CD ROM) letakkan secara hati-hati.

Lepaskan kabel pada motherboard.

Kabel power supply pada motherboard, kabel IDE (kabel data pada hardisk 40 pin, kabel data floppy 34 pin ), kabel power kipas. Kabel penghubung motherboard komponen casing , kabel serial dan parallel. Lepaskan penyangga tempat pemasang motherboard dan sekrup dari komponen motherboard dengan casing.



Melepaskan komponen pada motherboard

Lepaskan komponen-komponen yang menempel pada motherboard dari slotnya, seperti : VGA card (slot PCI atau AGP), sound card (slot ISA atau PCI), RAM (slot memory), card lainnya jika ada (TV tuner, Ethernet card, modem internal). Tahap terakhir adalah pelepasan prosesor, jika prosesor menggunakan jenis :
Socket
Buka pengunci tempat prosesor dengan memindahkan tuas/ kunci dari posisi horizontal sampai posisi vertical hingga tegak lurus motherboard. Lepaskan prosesor tempatnya hati-hati. Jika pengunci tidak terbuka dengan baik akan dapat menyebabkan kerusakan pada kaki prosesor.
Slot
Tekan pengunci prosesor pada bagian kanan dan kiri sesuai posisi slot prosesor. Jika telah terlepas maka angkat prosesor keatas.

5.2 MENG-UPGRADE PC

Upgrade PC dilakukan dengan berbagai motivasi, diantaranya dimungkinkan bahwa PC kita sudah usang dalam perkembangan teknologi, atau memang kemampuan kinerja PC sudah ketinggalan jauh, sehingga terasa sekali menghambat sebuah aktivitas.

Software generasi masa kini pada umumnya menuntut sumber daya yang berlimpah pada hardware yang menjalankannya. Software semacam ini seringkali membuat frustasi apabila dijalankan dimesin-mesin lama dengan konfigurasi hardware yang pas-pasan.

5.2.1 motherboard

Pengecekan motherboard sangatlah penting karena komponen upgrade tersebut akan dipasangkan pada motherboard, dengan mengetahui kemampuan dari motherboard maka kita dapat leluasa menentukan komponen pada yang dapat di upgrade dan komponen penggantinya tentu yang sesuai dengan motherboard.
Berikut ini langkah pengecekan :
Lakukan pengecekan pada motherboard support/ mendukung atau tidak terhadap komponen yang akan kita tambahkan, meliputi : upgrade RAM, lihat slot yang kosong, upgrade VGA card, lihat slot yang digunakan oleh VGA yang dulu.
Baca manual motherboard, kenali jenis dari slot (PCI, AGP, ISA) yang ada, khusus untuk AGP kenali apakah AGP kita itu AGP 1x, AGP 2x, atau AGP 4x.
Untuk upgrade prosesor, ketahui apakah motherboard kita mendukung terhadap prosesor yang kita inginkan, jika tidak ganti motherboard kita, namun perlu kita perhatikan agar motherboard kita yang baru ini mendukung kecepatan bus dari prosesor yang kita inginkan.

5.2.2 Casing
Casing dan power supply juga perlu mendapat perhatian khusu kalau kita meng-upgrade PC lama dengan supply AT, maka mau tidak mau, kita harus mengganti casing sekaligus power supply yang digunakan.

Pengecekan casing ini perlu untuk melihat ruang kosong jika kita menambah drive dan jika mengganti motherboard, periksa apakah casing kita cocok dengan motherboard kita yaitu bagian sumber power, AT atau ATX, jika ternyata motherboard terbaru pada umumnya mendukung ATX, jika casing kita AT maka terpaksa harus diganti.

Selain itu perlu diperhatikan pula kira-kira dalam meng-upgrade PC perlu menambah komponen atau peripheral lain didalam CPU atau tidak ?, apabila hal ini dilakukan maka kita harus menyesuaikan ruang-ruang yang disediakan dalam casing itu sendiri.



5.2.3 RAM.

Upgrade memory merupakan tindakan yang paling umum dilakukan ini sangat baik, karena akan meningkatkan kecepatan akses dan kerja computer dan hal ini akan sangat tampak apabila kita menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu, misalnya ; kita menjalanka windows, kita menjalankan aplikasi lain seperti Ms. Office, autocad, adobe dan banyak lagi keuntungannya setidaknya kita aman untuk aplikasi software sekaligus.

5.2.4 Prosesor.

Upgrade pada prosesor memerlukan beberapa pertimbangan, terutama menyangkut konfigurasi yang telah terpasang sebelumnya. Mulai pada generasi 486 dan selanjutnya prosesor sudah mulai mudah untuk di upgrade, intel menentukan kemampuan untuk meng-upgrade dengan menentukan socket-socket standar yang akan membutuhkan berbagai prosesor.
Upgrade prosesor dapat di lakukan dengan dua hal, yaitu :
Membeli kit upgrade prosesor, yang dimaksud dengan kit ini, merupakan suatu bentuk paket upgrade dengan menggunakan teknologi overdrive. Tiga vendor evergreen teknologis, Kingston teknologi dan power leap menawarkan upgrade CPU dengan aneka prosesor termasuk AMD K6-2 dan K6-III dan Intel Celeron.
Dukungan cache memory dari prosesor (L1 cache dan atau L2 cache)

5.2.5 Harddisk

Harddisk terhitung sebagai komponen yang sangat vital dalam sebuah system. Dalam system yang banyak bergabung dalam pengolahan data yang intensif dalam skala besar, harddisk berkecepatan tinggi menjadi kunci dari kinerja yang baik.

Soal kapasitas harddisk tentunya akan sangat bergantung pada kebutuhan. Kalau beberapa tahun lampau harddisk berkapasitas 1,2 GB merupakan barang mewah, maka kini harddisk berkapasitas puluhan GB sudah merupakan barang biasa. Dalam hal ini, kita tentu harus bersikap rasional dengan mencari kapasitas yang paling besar dimana selisih harga dengan kapasitas diatasnya masih cukup jauh. Saat ini harddisk yang paling banyak digunakan di pasaran berkapasitas 10 GB, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 60 GB, dan 80 GB.

5.2.6 Pheriperal Pendukung

Beberapa jenis pheriperal berpengaruh langsung terhadap kinerja system, sedangkan yang lainnya hanya berfungsi sebagai fasilitas.

Kalau kita memerlukan modem yang berkecepatan lebih tinggi, itu wajar saja karena akan berpengaruh kebiaya pulsa yang harus di keluarkan untuk online ke internet, namun kita kalau memilih modem dari merek ternama dengan segudang fitur yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

E ZIP DRIVE + media penyimpanan yang lainnya

Jika data yang disimpan itu sering berpindah-pindah dan kapasitasnya besar kita dapat menggunakan ZIP DRIVE yang dimiliki catridge penyimpanan yang cukup besar sekitar 100 MB atau dengan menggunakan DRIVE Jazz SCSI dengan kapasitas 2 GB dan ORB dengan kapasitas 2,2 GB.

E Display atau monitor

Upgrade display mungkin adalah bentuk upgrade yang sering dilakukan orang jika kita hanya melihat komponen tertentu dari display.




E VGA card

Peningkatan display tidak hanya dari kualitas monitor saja, upgrade kartu grafis juga akan memberikan pengaruh yang tidak sedikit. Jika kita hanya menggunakan computer kita sebatas dokumen pengolahan kata,

Semakin cepat RAMDAC dari sebuah kartu grafis semakin halus gambar yang dihasilkan (semakin bagus kualitasnya). VGA yang menggunakan Chipset Riva TNT2,Voodoo3,Matrox G400,Sevage4 dapat menjadi pilihan terutama bagi kita yang GEME MANIA, serta usahakan memilii memori VGA min 16 MB. Usahakan memilih kartu grafis dengan kecepatan RAMDAC minimal 250 MHZ. download-lah driver terbaru dari situs web pembuatnya.

By. Romi Candra

Tidak ada komentar: